Posted by: Yosni Herin | March 16, 2010

Yoseph Lagadoni Herin Calon Bupati PDIP Flores Timur

PDIP Tetapkan Delapan Calon Bupati di NTT

Kupang (ANTARA) – DPP PDIP menetapkan delapan pasangan calon bupati (Cabup) dan calon wakil bupati (Cawabup) untuk maju dalam pemilu kepala daerah (Pilkada) di Nusa Tenggara Timur (NTT) tahun ini.

Sekretaris DPD PDIP NTT Nelson Matara ketika dikonfirmasi melalui telepon genggamnya dari Kupang, Jumat, mengatakan, ke delapan pasangan yang ditetapkan untuk maju melalui pintu PDIP itu adalah Raymundus Fernadez-Aloysius Kobes untuk Kabupaten Timor Tengah Utara.

Pasangan Fidelis W Pranda-Pata Vinsensius untuk Kabupaten Manggarai Barat, Pieter Djami Rebo-Origenes Boeky untuk Kabupaten Sabu Raijua, Yoseph Lagadoni Herin- Valentinus Tukan untuk Kabupaten Flores Timur.

Pasangan Christian Rotok-Kamilus Deno untuk Kabupaten Manggarai, Petrus Tena-Siprianus Radho untuk Kabupaten Ngada, pasangan Niga Dapawole-Thimotius W Sappu untuk Kabupaten Sumba Barat dan Umbu Manggana-Chris Praing untuk Kabupaten Sumba Timur.

“Pasangan calon bupati dan calon wakil bupati untuk Pilkada 2010 di NTT ini ditetapkan DPP PDIP setelah melalui berbagai seleksi mulai dari anak ranting, anak cabang, cabang lalu diteruskan ke DPP melalui DPD PDIP,” kata Matara menjelaskan.

Matara yang saat dihubungi sedang berada di DPP PDIP Jakarta itu mengatakan, seleksi tersebut lebih menekankan pada aspek popularitas dan kefiguran calon bupati dan calon wakil bupati, loyalitas terhadap partai dan keberpihakan terhadap masyarakat jika terpilih sebagai bupati dan wakil bupati.

“Artinya, karakter, moralitas, penerimaan oleh masyarakat dan sepak terjang figur tersebut harus benar-benar diterima dan diakui oleh masyarakat,” katanya menambahkan.

Hal ini, kata dia, mendapat perhatian dalam seleksi karena kemenangan dalam pilkada sekitar 60 persen ditentukan oleh figur, 20 persen oleh partai dan sisanya adalah keberuntungan lainnya seperti dukungan dana untuk sosialisasi.

Ia mengaku, dalam proses seleksi tersebut ada DPC yang mengirim pasangan calon lebih dari satu sehingga partai melakukan survei internal untuk menentukan satu pasangan calon sebelum ditetapkan DPP.

“Paket yang sudah ditetapkan ini harus diperjuangkan oleh masing-masing kader partai di daerah pemilihannya masing-masing agar menang dalam pilkada,” katanya.

Matara yang juga Wakil Ketua DPRD NTT ini memasang target untuk memang di enam dari delapan kabupaten, seperti di Kabupaten Timor Tengah Utara, Sabu Raijua, Ngada, Manggarai, Manggarai Barat dan Sumba Timur.

“Untuk mewujudkan hal ini maka seluruh kekuatan baik itu dari pasangan calon, partai dan dukungan pihak lain sangat dibutuhkan. Tanpa dukungan tersebut, target untuk menang di enam kabupaten akan sia-sia,” katanya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: