Posted by: Yosni Herin | March 9, 2010

Revitalisasi Gerakan Pramuka, Pilar Pendidikan Kaum Muda

Revitalisasi Gerakan Pramuka, Pilar Pendidikan Kaum Muda

22 Agustus 2009

Oleh Frans Kolong Muda

Larantuka, Flores Pos

Revitalisasi gerakan pramuka merupakan salah satu pilar pendidikan kaum muda di tanah air. Revitalisasi gerakan pramuka yang sudah berjalan tiga tahun ini bertujuan untuk memantapkan eksistensi gerakan pramuka serta meningkatkan fungsinya. Fakta menunjukkan bahwa minat kaum muda dalam gerakan pramuka semakin meningkat.

Dan ini merupakan suatu tanda baik untuk mencapai visi dan misi gerakan pramuka, yakni mempersiapkan para pemimpin bangsa yang memiliki watak, kepribadian dan akhlak mulia pada masa depan. Ia juga mengharapkan agar semangat ini dipertahankan dan, bahkan harus terus ditingkatkan.

Bupati Simon Hayon mengatakan hal itu dalam sambutannya pada puncak peringatan HUT Pramuka ke-48 di Buini, Perkemahan Bakahara, Desa Kawela, Kecamatan Wotan Ulumado, Jumat (14/8). Bupati Simon juga mengakui, bahwa sejarah mencatat peranan besar anggota pramuka dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pada masa-masa awal kebangkitan nasional, para anggota pramuka (kepanduan) mempunyai peranan besar dalam membangkitkan semangat kebangsaan. Pada sekitar tahun 1920-an para anggota pramuka berperan besar dalam menggalang semangat persatuan dan kesatuan bangsa. Sedangkan pada masa-masa awal kemerdekaan, para anggota pramuka berperan besar dalam menggelorakan semangat bela negara.

“Ketiga peranan anggota pramuka ini harus lebih ditingkatkan. Untuk itu, keberhasilan revitalisasi gerakan pramuka sangat penting. Untuk memantapkan eksistensi gerakan pramuka, diperlukan rancangan RUU Gerakan Pramuka.

Namun hal ini menjadi hak prerogatif DPR. Sedangkan, untuk lebih meningkatkan fungsi gerakan pramuka, pada saat ini sedang dilakukan pembaruan sistem pendidikan kepramukaan,” katanya.

Inti pokok pemantapan eksistensi gerakan pramuka sebagaimana tercantum dalam RUU Gerakan Pramuka, demikian Bupati Simon, mencakup lima hal pokok yakni: penetapan Pancasila sebagai sumber nilai pendidikan kepramukaan, penetapan gerakan pramuka sebagai satu-satunya wadah otonom yang bertanggung jawab menyelenggarakan pendidikan kepramukaan, penetapan APBN /APBD sebagai bagian dan sumber dana gerakan pramuka, penetapan pertanggungjawaban kepengurusan kepada presiden RI sebagai pramuka utama, dan penetapan prinsip dasar kode kehormatan serta metode kepramukaan sebagai unsur pokok dalam sistem pendidikan kepramukaan.

Sedangkan, inti pokok peningkatan gerakan pramuka yang sedang diperbarui saat ini adalah penetapan standar untuk tiga unsur pokok sistem pendidikan kepramukaan yakni: pertama, standar keluaran yaitu kompetensi yang ingin dicapai oleh para peserta didik mulai dari tingkat siaga penggalang, penegak sampai dengan pandega.

Kedua, standar proses, yaitu pelbagai kegiatan kepramukaan yang wajib diselenggarakan oleh gugus depan (gudep) serta diikuti oleh setiap peserta didik, dan Ketiga, standar masukan, terutama aspek ketenagaan dan sarana pendidikan kepramukaan. Aspek ketenagaan mencakup pembina, instruktur dan pelatih.

Setelah standarisasi dilanjutkan dengan sertifikasi dan registrasi lisensi.Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Flotim melalui stafnya, Matheus Keban kepada Flores Pos Sabtu (15/8) melaporkan, Bumi Perkemahan Bakahari di Desa Kawela sejak Rabu-Jumat (12-14/8) diikuti 1.679 anggota pramuka dari 8 Kwartir Ranting (Kwaran).

Kegiatan yang dilakukan para anggota pramuka dalam perkemahan itu antara lain, pendalaman iman, diskusi dan ceramah yang dibawakan Forum Komunikasi Antarumat Beragama Kabupaten Flotim, Kantor Lingkungan Hidup, Saka Bhayangkara dan Polres Flotim, serta Kodim 1624 Flotim.

Kegiatan lain adalah teknik kepramukaan, penjelajahan, misa syukur penutupan, dan api unggun.Selain kegiatan pramuka di Kawela, juga kegiatan yang sama dilaksanakan di Desa Balaweling, Kecamatan Witihama yang ditutup oleh Wakil Bupati Flotim, Yoseph Lagadoni Herin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: